Follow Us @soratemplates

Sabtu, 18 Maret 2017

Praktikum Algoritma Pemrograman Minggu Kedua

Assalamu'alaikum Wr Wb

oke, aku akan memposting hasil praktikum minggu kedua, di praktikum kali ini kita akan belajar memakai call di raptor, sebelumnya apa sih call itu ?? nah call sendiri berfungsi untuk memanggil/menyambungkan sebuah flowchart 1 dengan yang lain. oke, langsung aja lihat yah ^^





sebelumnya aku akan ngasih tahu langkah menambah flowchart baru
1. Pilih "Mode" pada menu di raptor.
2. Lalu pilih "Intermediate".
3. Kemudian klik kanan pada main lalu pilih "Add procedure".
bisa di lihat pada gambar berikut :


Latihan
nah langsung saja, disini kita akan belajar dasarnya memakai fungsi call, kita akan membuat program menghitung luas persegi panjang.
1. Raptor
a.  Flowchart pada main
disini berisi call untuk memanggil setiap flowchart.
b. Flowchart pada hitungLuas
disini berisi  proses yang  digunakan
c. Flowchart pada input
disini berisi input yang dimasukkan
d. Flowchart pada output
disini berisi outputan

e. hasil run raptor
2. cpp
a. codingan
nah, sama seperti praktikum 1, di generate ke cpp, disini syntaxnya berbeda dengan yang kemarin karena terdapat void. void sendiri adalah fungsi yang sering juga di sebut prosedur, fungsi void tidak mengembalikan suatu nilai keluaran yang didapat dari hasil proses fungsi tersebut.
b. hasil run cpp

Posttest
disini di minta untuk membuat program pilihan memilih volume tabung atau bola.
1. Membuat program di raptor
a. main
  b. input
c. hitungVolume
d. output
2. Program di cpp
disini diminta untuk memakai class dan disini aku menggunakan if else. if else sendiri berfungsi untuk mengeksekusi program bila kondisi bernilai benar. Proses eksekusi kemudian berlanjut pada pernyataan berikutnya secara urut. C++ juga memiliki versi pernyataan if yang memungkinkan untuk mengeksekusi suatu pernyataan jika kondisi bernilai benar dan akan mengeksekusi pernyataan lainnya jika kondisi bernilai salah. pengalihan eksekusi dapat dilakukan dengan menggunakan kata kunci else. Proses eksekusi kemudian berlanjut pada pernyataan berikutnya yang berada diluar kotak blog pernyataan if.
selain if else kita juga bisa menggunakan switch case untuk pilihan, 1, 2, 3 dst. karena praktikum sebelumnya (Matematika Diskret) aku menggunakan switch case maka kali ini aku mencoba if else 
 ini dia syntaxnya :



3. Hasil Running

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar